jump to navigation

Rp 69 Miliar DAK Pendidikan di KBB 30/01/2012

Posted by Admin FKGHS in Uncategorized.
Tags: , ,
trackback
NGAMPRAH,(GM)-
Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) tahun ini mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) untuk Bidang Pendidikan sebesar Rp 69 miliar. Dana itu diperuntukkan bagi pembangunan perpustakaan sekolah dan pengadaan alat peraga pendidikan.

Dibandingkan tahun lalu, DAK tahun ini naik sebesar Rp 14 miliar. Penyalurannya pun kini tidak lagi melalui Dinas Pendidikan (Disdik), tetapi langsung diserahkan kepada sekolah penerima bantuan.

“Anggaran ini diberikan langsung dengan pola swakelola. Sekitar 80 persen dana itu dikelola sekolah dan sisanya oleh rekanan untuk peningkatan mutu. Dengan sistem tersebut, diharapkan penggunaan dana ini bisa berjalan sesuai dengan semestinya,” terang Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bandung Barat, Agustina Priyanti di Batujajar, Kamis (26/1).

Agustina mengatakan, tahun ini dilakukan luncuran penyelesaian DAK 2011 yang perencanaannya sudah dilakukan. Seperti tahun sebelumnya, kali ini DAK pun digunakan untuk pembangunan ruang perpustakaan dan alat peraga pendidikan serta alat kesenian. “Bantuan program DAK tahun ini diprioritaskan untuk pembangunan ruangan perpustakaan dan alat peraga pendidikan,” ujarnya.

Secara lebih detail, lanjutnya, alokasi anggaran DAK 2012, yaitu untuk rehab ruang kelas yang rusak berat Rp 90 juta dan pembangunan ruang kelas baru Rp 120 juta. Sementara itu, anggaran untuk peralatan laboratorium IPA sebesar Rp 50 juta, laboratorium bahasa Rp 125 juta, dan peralatan laboratorium IPS Rp 90 juta.

Menurutnya, tahun lalu Pemkab Bandung Barat merealisasikan penggunaan DAK 2010 dengan anggaran Rp 33,9 miliar untuk 125 SD. Dana itu digunakan untuk pembangunan fisik sebesar Rp 9 miliar dan masing-masing sekolah menerima dana sebesar Rp 72 juta. sisanya dialokasikan untuk mebeler Rp 8 juta, sarana peningkatan mutu Rp 90 juta, alat peraga Rp 60 juta per kelas, dan sarana teknis Rp 25 juta.

sumber : galamedia

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: